Makanan Khas Surakarta

nasi-liwet-legendaris-300x225

Sego Liwet / Nasi Liwet   ini dianggap masakan paling khas di Solo. Teksturnya lebih lembek dari nasi biasa dan harum karena dimasak dengan santan dan bumbu lainnya. Dimakan memakai pincuk daun pisang, wuihhh… uenak tenan!Nasi liwet dimasak dengan santan dan bumbu tanpa proses pengukusan di dandang, sehingga hasilnya adalah nasi putih yang lebih lembek dan harum. Kuliner di solo yang satu ini disajikan dalam pincuk (piring dari daun pisang), dengan lauk gulai labu siam, telur rebus atau telur dadar, suwiran ayam opor, dan potongan ati-ampela ayam, ditumpangi kepala santan atau santan kental yang disebut areh.

Berbagai lauk tambahan – tempe atau tahu bacem, kerupuk kulit, ayam goreng – dapat diminta sesuai selera. Pendamping wajib adalah rambak atau krupuk kulit. Kebanyakan disajikan secara lesehan, sambil dihibur oleh para pengamen yang menambah kenikmatan pengalaman makan malam khas Solo.

Selat Solo ala Dapur Solo1

Selat  , dari namanya sudah mengisyaratkan ini merupakan makanan khas kota Solo. Masakan dengan paduan rasa gurih, manis, dan sedikit asam itu bisa ditemui di berbagai warung dan restoran di Solo.

serabi

Serabi merupakan makanan khas Indonesia. Ada begitu banyak jenis serabi yang bisa kita temui di sekitar kita. Mulai dari serabi kocor khas Yogya, serabi/surabi Bandung yang sempat membuat heboh, sampai serabi solo yang biasa disebut Serabi Notosuman yang sangat terkenal itu. Cara pembuatan serabi memang sangat mencerminkan kulinary Indonesia sehingga tidak heran bila serabi diklaim sebagai salah satu makanan khas Indonesia.

 

img01958-20110930-1913-610x300

Timlo Solo merupakan hidangan berkuah bening yang terdiri atas sosis ayam yang dipotong-potong, telor ayam pindang dan irisan hati serta ampela ayam. Menu ini disantap dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng. Berbeda dengan daerah lain, Timlo Solo tidak memakai soup dan jamur.Nasi timlo tidak menggunakan sayuran seperti daun sop-sop an maupun jamur. Dan bahan yang hanya bisa ditemui di dalam nasi timlo, tidak di soto lain, yaitu sosis solo (sejenis lumpia dengan isi ayam).  Selain itu nasi timlo menggunakan telur kecap yang manis atau telur pindang, kebanyakan soto lain (yang menggunakan telur) menggunakan telur rebus biasa.Cara menyajikannyapun sangat mudah, pertama-tama masukkan mie soun secukupnya, campur dengan potongan sosis solo, telur kecap, irisan ati dan ampela ayam.Kemudian disiram dengan kuah yang dibuat dari kaldu ayam kampung dan telah dibumbui.Lalu menu inipun siap disantap dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng.Namun ada pula pelanggan yang biasanya meminta untuk mencampur nasi putih ke dalam timlo Solo tadi.Rasa Timlo Solo ini sungguh nikmat, gurih dan segar, bisa disantap kapan saja, sebagai menu sarapan pagi, makan siang maupun makan malam.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s